Rekayasa Perangkat Lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan software/perangkat lunak termasuk pembuatan, pengembanganan perangkat lunak/software dan manajemen kualitas.

Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Lulusan RPL dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan software. Beberapa ruang lingkup pekerjaan di bidang RPL adalah Software Developer, Game Development, Software Tester, Software Engineering , Software Analis dan Integrator, Konsultan IT dan Programmer.


MATERI YANG DIPELAJARI SISWA RPL

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, terutama perkembangan teknologi smartphone seperti Android dan iPhone maka kita memutuskan untuk fokus di dua bidang ini.

Pada era Modern ini, Aplikasi Mobile sudah menjadi sorotan utama dalam bidang teknologi dan informatika. Kemudahan dan kecepatan yang diberikan membuat pekerjaan manusia semakin mudah. Selain itu, biaya yang dibutuhkan pun sedikit, perangkat yang digunakan pun dapat dibawa dan diterapkan dimanapun.

Siswa RPL akan mempelajari teknologi terbaru dari perkembangan IT. Mobile Developer adalah fokus utama, siswa akan diajarkan pembuatan sampai pengembangan aplikasi mobile. Platform yang akan digunakan adalah Android dan IOS. Dua platform tersebut adalah platform yang diperkirakan akan terus digunakan dan berkembang untuk membantu pekerjaan mereka ke depannya.

Pada era saat ini pengguna mobile khususnya Android dan IOS di dunia, sangat meningkat drastis. sehingga mayoritas mobilitas masyarakat bergantung pada mobile.

Dengan banyaknya pengguna smartphone di dunia ini, siswa SMK diharapkan bisa membuat aplikasi yang bisa bermanfaat dan digunakan oleh banyak orang.

Materi yang diberikan kepada siswa RPL dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi mobile adalah seperti berikut ini :

Android

Bagi siswa RPL kita akan mempelajari tentang Aplikasi Android, fokus nya lebih kepada pembuatan program aplikasi yang dijalankan pada Android. Berikut ini deskripsi singkat tentang Android :

Android adalah sebuah sistem operasi yang sangat populer saat ini pertumbuhan tercepat sistem operasi milik Google ini tumbuh 861% dalam 1 tahun terakhir. Untuk bisnis developer aplikasi sangat bergantung pada jumlah pengguna smartphone. Semakin banyak pengguna smartphone, semakin banyak pasar yang bisa dicapai.

Dan saat ini adalah saat yang tepat untuk belajar pemrograman Android, trend penggunaan smartphone yang akhir – akhir ini meningkat sangat pesat di Indonesia. Pengguna android dibidik dari semua kalangan dari kelas bawah hingga kelas menengah atas.


Pembuatan Aplikasi IOS

Jumlah pengguna iPhone iPad telah meningkat banyak, untuk pengguna IOS biasanya identik dengan pengguna kelas menengah ke atas. Developer IOS di indonesia sendiri tidak seramai Android, sehingga ini bisa menjadi peluang untuk para developer agar bisa menciptakan peluang dalam pengembangan aplikasi IOS di Indonesia.


Pengelolaan Database

Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam komputer yang dapat di olah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (Aplikasi) untuk menghasilkan informasi.

Database ini sangat berguna untuk para mobile developer, yang bisa digunakan untuk menyimpan data pada aplikasi yang dibuat sehingga pengguna aplikasi bisa mengelola data dengan mudah. Misalnya melihat data, menambahkan data, mengubah data atau menghapus data.


Web Service

Tugas dari web service pada umumnya digunakan untuk melakukan sebuah respon dan request yang di lakukan antar client dan server. Dan aplikasi android bertugas hanya melakukan pengambilan data dari server. Web service mampu menunjang interoperabilitas. Sehingga web service mampu menjadi sebuah jembatan penghubung antara berbagai sistem yang ada dengan menggunakan JSON


Web Page Administrator

Agar admin bisa memantau aktifitas yang dilakukan oleh user dengan mudah , maka admin perlu sebuah website admin untuk mengelola aktivitas para penggunanya. Di sini akan mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat website yakni:

PHP
Sebagai side server digunakan untuk pengembangan website dinamis dan dapat disisipkan ke dalam HTML

MySql
Digunakan untuk mengelola database dengan menggunakan query, penggunaanya untuk website biasnya bersandingan dengan PHP untuk membuat website statis

HTML
Sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser untuk membuat halaman dan dokumen pada web

CSS
Salah satu bahasa pemrograman web untuk mengelola tampilan pada website, sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Pada umumnya CSS digunakan untuk memformat tampilan pada halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

 

Prospek Kerja RPL

Sebagai salah satu ilmu disiplin yang mempelajari tentang teknologi khususnya yang berhubungan dengan software, lingkup kerja RPL cukup cerah dan banyak di era digital saat ini, antara lain :

  • Mobile Developer
    Dengan berbekal ilmu yang diperoleh tentang mobile programming, lulusan RPL bisa menjadi seorang programmer mobile developer Android maupun IOS.
    programmer yang khusus membuat aplikasi – aplikasi android, aplikasi android dapat dibuat untuk digunakan secara offline maupun secara online.
  • Software Testing
    Aktivitas yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan sebuah sistem dan penentuan apakah sesuai dengan hasil yang diharapkan.
  • System Analysis
    Bertugas dalam melakukan analisis terhadap sistem dan membuat solusi integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak .
  • Database Engineer / Database Administrator
    Berperan sebagai perancangan dan pemeliharaan Database untuk sebuah instansi atau perusahaan.
  • UI / UX Mobile Designer
    Merancang sebuah desain aplikasi yang akan dibuat agar aplikasi lebih interaktif dan mudah digunakan oleh pengguna. Dengan tampilan yang menarik dan kemudahan yang diberikan akan menjadi daya tarik oleh pengguna.
  • Freelance atau Bekerja dari Rumah
    Terutama untuk perempuan dimana tempat terbaiknya adalah dirumah, maka dengan jurusan rpl ini seseorang tidak perlu harus bepergian ke kantor setiap harinya, proyek-proyek aplikasi cukup diselesaikan dari rumah.
  • Wirausaha dibidang IT


Bagi beberapa perusahaan modern , mempekerjakan seorang freelance dianggap sangat menguntungkan, begitu pula sebaliknya. Seorang freelance tidak perlu pergi ke kantor dan hanya memerlukan koneksi internet, Freelance juga bisa mengerjakan proyek dari beberapa perusahan sekaligus. Misalnya proyek pembuatan aplikasi web maupun mobile application.

Selain bekerja individu kita juga bisa mengerjakan proyek perusahaan bersama-sama dengan team work dari rumah, dengan menggunakan fasilitas Git. Sehingga projek yang dibuat bisa tersinkronisasi dengan team.